Thursday, July 10, 2014

Yeh dapet IPK! - Cerita S1 Manajemen UPI

- Cerita S1 Manajemen UPI - Awal Kuliah -

:::: Kronologis Waktu
Semester 1 : September - Desember 2013
Semester 2 : Februari - Mei 2014
Semester Padat : Juni - Agustus 2014

"do the best, God will take the rest."

Kartu Hasil Studi (KHS), ya akhirnya dibagikan! ini yang ditunggu selesai masa perkuliahan dan UAS. Indikator berhasil tidaknya melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi. Semacam Rapot kalau di sekolah. (belajar menjadi mahasiswa yang perhatian pada nilai kuliah) *ie

Semester : 1 - Ganjil 2013/2014
No.Mata KuliahNilaiMutuUlang
KodeNamaSKS
1.EB103Pengantar Manajemen3A12,001x
2.KU106Pendidikan Bahasa Indonesia2A8,001x
3.MJ101Pengantar Ekonomi Mikro3B9,001x
4.MJ103Matematika Ekonomi3B9,001x
5.MJ104Bahasa Inggris3A12,001x
6.MJ107Akuntansi Keuangan Dasar3B9,001x
7.MJ200Aplikasi Komputer3A12,001x
SKS Kontrak20SKS Selesai20Mutu71,00IP3,55


ceritanya semester satu, pelajaran yang kebanyakan teman-teman manajemen'13 bilang sulit, ada di pelajaran Aplikasi Komputer (Aplikom). Selain karena suasana di kelas yang cukup kaku, tegang, serta mencekam #haha, ini lebih karena memang penilaian atas usaha kami, diukur dari sempurnanya kita menjadi juru ketik (bagian administrasi maybe yha), tidak terlewat dari hal kecil pun seperti:

  1. Posisi duduk, tegak badannya, kaki yang diluruskan (rileks), serta pandangan kepala yang lurus ke layar komputer. Dijaga selalu kondisi ini saat kelas berlangsung.
  2. yak, tiap di lab selalu tidak ada kesempatan luput dari pengawasan. Dinilai betul.
  3. absensi juga dinilai, ada yang terlambat 15 menit, tidak diperkenankan masuk.

di luar itu, memang materinya terbilang padat, biarpun sudah dikasih modul (Ms. Word & Excel), tetap pas di bagian UAS agak Advanced soal-soalnya. (ga ada UTS; saat itu)

Tapi, manfaatnya banyak. Belajar materi Ms. Word dan Excel ternyata bertambah dari yang sudah dipelajari waktu di SMA dulu. (atau mang dah lupa #wkwk). Terutama terasa ketika dibebankan tugas semester, selalu menyempatkan waktu ke lab komputer FPEB (kelas kita), hanya demi menyelesaikan satu-persatu tugas Word (ngetik paragraf, tabel isian, teks Art, hingga format surat yang bener), serta Ms. Excel yang banyak sekali (kerasa'-nya) "formula" untuk soal-soalnya. Tuntutan, nasib.




***

Untuk mata kuliah yang condong ke Eksak juga, dapat dikatakan sulit. Lumayan, terutama yang baru nemu praktiknya ke soal (aslinya dari IPA waktu SMA sih). Seperti di atas, dengan skor "B" yaitu Akuntansi, Matematika Ekonomi (pass), serta Pengantar Ekonomi Mikro. Wah, waktu UTS dan UAS emang keraza susuit-nya dahh, ndak nyampe ke isi semua. Keisi semua ge, rada asal.

Mengenang:


Akuntansi, baru tahu ternyata kita bikin Jurnal (terutama banyaknya jurnal umum dan jurnal penutup yang jadi tugas dan keluar di soal [bagi kelasnya yang Maanajemen-B] YUP di prodi Manajemen Upi ini sudah terbagi kelas-nya ada A dan B). Belajar siang, malam. Di asrama DT hingga larut membaca buku tebelnya di Masjid DT-nya. Haha, bawa-bawa buku itu kemana dan kapan saja. Terutama dua minggu menjelang ujiannya. Yahh hasilnya terasa, tugas-tugas jadi selesai dengan mandiri, walaupun baru mengenal pelajaran Akuntansi seperti ini (di SMA, jurusan IPA mana ada), ya kan namanya berpindah haluan (ga ada fisika, biologi dkk). Haha, tapi di Manajemen Upi ini memang banyaknya dari jurusan IPA dulunya. (kenapa ambil Manajemen?? ada dahh alasan-na).

***

Masa-masa sulit peralihan dari dua tahun lebih lamanya belajar bidang Ipa, mapan dengan ilmunya (ya tho?), ketika semester satu awal kuliah pun dibanting ke ranah ilmu IPS, (akuntansi, ekonomi, manajemen), yak agak dianggap gampang. Yang jelas, perjuangan menuntut ilmu sosial berlanjut ke depannya nanti di semester-semester depan. Belajar berbisnis, ekonomi, manajemen serta negosiasi. Intinya itu. Ada di dalam kurikulum pelajarannya (cek, ke KHS semester dua). Ini kata temen-temen juga, mngalami peralihan yang dirasa sama. Resepnya asal kita mau belajar betul, saat menyimak penerangan Dosen, kalau ada yang tertinggal dan kurang di-fahami yaa ke Buku materinya.

*

Hidangan sehari-hari:
PPT selalu menjadi menu andalan, maju untuk presentasi, dan diselesaikan dengan tugas makalah menjadi satu. Terkadang ada Kuis sebelum UTS dan UAS berlangsung (terutama saat kelas Mikroekonomi) dan tugas menjurnal + buku besar + neraca + laporan modal / laba-rugi (yh saat kelas Akuntansi), 

Hasilnya? secara hitam di atas putih, alhamdulillah cukup. IP yang tertera di KHS semester satu, saat pertama cek ke Sino.Upi.Edu berhasil menjawab kegamangan suasana. Ala sudah biasa, dapat hasil luar biasa.

GO semester DUA....
Tampilan fakta KHS pribadi:

Semester : 2 - Genap 2013/2014
No.Mata KuliahNilaiMutuUlang
KodeNamaSKS
1.EB104Pengantar Bisnis3A12,001x
2.KD300Landasan Pendidikan2B6,001x
3.KU100Pendidikan Agama Islam2A8,001x
4.KU105Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan2B6,001x
5.MJ102Pengantar Ekonomi Makro3A12,001x
6.MJ108Statistika Dasar3B9,001x
7.MJ201Komunikasi dan Negosiasi Bisnis3A12,001x
8.MJ300Bahasa Inggris Bisnis3A12,001x
SKS Kontrak21SKS Selesai21Mutu77,00IP3,67

Ceriita:
alhamdulillah, menyelesaikan dua semester dengan usaha "keras" selama ini.
Setelah melewati krisis jati diri ini, ia, ada keinginan untuk meneruskan perkuliahan di kampus yang berbeda.
Kampus mana? Yaitu STIS. (Sekolah Tinggi Ilmu Statistik), nah sempat ikut lagi "daftar" dan hasilnya berhasil lolos walaupun hanya pada Tahap Satu (yaitu tahap Tes Tulis) di sekolah ikatan dinas ini, terbujuk minat, karena di sana bebas biaya sepanjang kuliah *justru dapat uang saku tiap bulannya plus jaminan kerja.

Mengapa saat di pertengahan semester satu dan dua?
Akibat infonya baru nemu pas dah diterima kuliah di mari, cukup panjang cerita, yang jelas semua terhenti (/terjawab) saat Pengumuman Tahap 2 (Psikotes), seperti yang dikatakan tadi. Hanya lolos di Tahap Satu, tapi ambil hikmah. Bisa tahu soal Psikotes STIS yang seperti itu (agak beda). Yah ini hanya bentuk keterbukaan cerita (hahahaaha).

Upi, yang terbaik. Prodi Manajemen, Satu Manajemen.
#dramatis. (cut)



KESAN menjalani perkuliahan di semester dua (maklum study-oriented, agak condong ke mahasiswa kupu-kupu; kuliah-pulang-kuliah-pulang *kayaknya). Lebih banyak belajar, dapet model contoh teman yang pas untuk teladan prestasi (pasalnya, IP semester-na cum-laude di atas 3,8). Jadi, bisa berlomba-lomba untuk mendongkrak prestasi di kelas.

Jadilah, ada peningkatan dari segi etos belajar (nyimak dosen, catatan, dan tengok buku). Sampai sekarang terasa, hingga menggeluti semester padat seperti saat ini (di-postingnya teks ini), berlangsung. Upaya jadi mahasiswa, kudu ditingkatkan. Yak status di sana, tapi kemampuan juga perlu berimbang. Soft-skill dalam berorganisasi, juga. Prioritas, membuat bangga kedua orang tua dan kerabat mengingat jerih payahnya mendukung keras hingga capaian saat ini.

Tentunya ingat pesan ulama:
1. Luruskan niat
2. Sempurnakan ikhtiar
3. Tawakkal ilallah.

Foot Note:
- landasan pendidikan "B" karena dulu pernah UTS dapat nilai kecil, kurang serius baca buku ajarnya. Padahal sudah memiliki buku, dan dikerjakan tabel soalnya. Memang pilihan ganda, tapi sulit diikuti saat UAS keluar soal lagi yang terlewat untuk dibaca sebelumnya *materinya. Bersamaan dengan PKn, yang dirasa kurang serius untuk belajar (nelaah bukunya). Untuk Statistik, yk lumayan "B" lah tapi rasanya dapet "A" juga tidak membuat heran (pengennya). Sebab, kayaknya UTS, bisa, nah UAS ada yang kepletot untuk salah satu soal. Atos-lah, hantepkeun. Usaha maksimal-kan lagi ! (menatap Statistika Lanjutan, di Semester Tiga)

*******

#Now, cerita Semester Padat!
Apakah yang dimaksud dengan Semester Padat?
adalah langkah untuk "mengambil" mata kuliah "Atas", agar tidak terlalu terbebani dengan beban SKS yang besar di semester esok nanti. Mata kuliah yang dimaksud saat ini, adalah di antaranya Akuntansi Manajemen (asalnya Semester 5), Manajemen Kualitas (semester 5) dan Bisnis Internasional (semester 6); masing-masing tiga SKS. Itung-itung mengisi waktu libur dua-tiga bulan ke depan untuk menimba ilmu (pas momennya Ramadhan, bulan berlipat gandanya amal saleh), niatkan ibadah. 

check this out, tampilan KHS-na:

Semester : Padat 2013/2014
No.Mata KuliahNilaiMutuUlang
KodeNamaSKS
1.MJ302Akuntansi Manajemen31x
2.MJ304Manajemen Kualitas31x
3.MJ312Bisnis Internasional31x
SKS KontrakSKS SelesaiMutuIP

Semester Padat...
Sudah dijalani beberapa pekan, hasilnya? Tugas banyak, merangkum, merangkum dan melahap soal-soal Buku Tebal ber-bab-bab sekaligus. (baru permulaan). 

:D :D

**
**

wahh, sudah ada KHS Semester Tiga juga, di bawah:

Semester : 3 - Ganjil 2014/2015
No.Mata KuliahNilaiMutuUlang
KodeNamaSKS
1.KU108Pendidikan Jasmani dan Olahraga21x
2.MJ105Ekonomi Islam31x
3.MJ202Manajemen Sumber Daya Manusia31x
4.MJ203Manajemen Pemasaran31x
5.MJ204Manajemen Keuangan31x
6.MJ205Manajemen Operasi31x
7.MJ301Statistika Ekonomi dan Bisnis31x
SKS KontrakSKS SelesaiMutuIP

"May Allah Guide Us, Mercy and Blessing."

2 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Wahh keren kak, aku juga manajemen upi 2018, satu manajemen! :D

    ReplyDelete